This is a blog full of science thing.. So don't miss it to read it and if you want, that you can leave your comment on here. HAVE FUN

Sunday, January 9, 2011

Gua terdalam di dunia, VIETNAM

Sebuah survei baru menunjukkan bahwa sebuah gua bernama Son Doong yang berada di Phong Nha-Ke Bang National Park, Vietnam, tersebut adalah gua terbesar di dunia saat ini.
Dengan ukuran diameter rata-rata 80 meter, gua Son Doongmengalahkan rekor guaterbesar sebelumnya yang dipegang oleh Gua Kijang di pulau Borneo, wilayah Malaysia.

Gua Kijang memang berukuran diameter rata-rata 91 meter, akan tetapi panjangnya hanya sekira 1,6 kilometer. 
Kebalikannya, penjelajah harus berjalan sejauh 4,5 kilometer di dalam gua Son Doong sebelum dihadang oleh sungai."Sebagai tambahan, di beberapa kilometer ke depannya, luasdiameter gua mencapai 140 meter," ujar Adam Spillane, anggota dari British Cave Research Association, sebuah perkumpulan ekspedisi yang menjelajahi gua- gua besar. Spillane adalah orang pertama dari dua kelompok yang memasuki gua tersebut. Timnya menyusul jalan tersebut yang tinggi temboknya mencapai 14 meter.

0 comments:

Post a Comment