This is a blog full of science thing.. So don't miss it to read it and if you want, that you can leave your comment on here. HAVE FUN

Saturday, January 8, 2011

Rosalia Lombardo, mumi tercantik

Mumi Gadis Cilik Rosalia Lombardo Tetap Segar & Cantik Setelah 88 Tahun Meninggal Di CapuchinCatacomb, sebuah pemakan kuno di Palermo, italia, terdapat mumi gadis kecil . Tertulis namanya: Rosalia Lombardo, meninggal 2 Tahun, 88 tahun lalu.
Herannya , jasadnya masih utuh. Benar-benar utuh, tubuh masih segar berhias rambut pirang, juga terlihat kecantikan bocah nan murni.
Rosalia Lombardo adalah gadis kecil asal Silisilia.Yang lahir pada tahun 1918 di Palermo, Sisilia.
Sayang, tak diketahui jelas asal-usulnya, nama orang tua dan cerita kematian. Sampai usianya 2 tahun tak luput dari sakit. Tak heran akhirnya tubuhnya tak mampu menahan serangan infeksi paru- paru, yang pada era itu momok menakutkan bagi bayi, dan anak-nak di seluruh penjuru negri. Meski sakit-sakitan, gadis cilik itu bukan ternasuk anak yang rewel. Ia adalah bayi nan tenang, tak banyak menangis, bahkan cenderung tak merepotkan. Namun karena tubuhnya tak mampu menahan infeksi yang terus menggerotinya, rosalia pun menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 6 Desember  1920, akibat pneumonia. 
karena duka yang mendalam akhirnya kedua orang tuanya memutuskan untuk mengawetkan mayat gadis cilik itu.Kemudian ayahnya meminta Dr. Alfredo Salafia untuk mengawetkannya.
Berkat teknik Dr. Salafia, mayat Rosalia tidak membusuk. Hasil sinar X terhadap mayat Rosalia menunjukkan bahwa organ-organnya masih utuh, Anak itu seolah-olah seperti sedang tidur.Atau lebih di kenal dengan The Sleeping Beauty.

Teknik mumifikasi yang digunakan Dr. Salafia ditemukan kembali daloam memoirnya. Bahan yang digunakan adalah
1.  Formalin untuk membunuh bakteri
2. Alkohol untuk mengeringkan tubuh
3. Gliserin untuk menjaganya dari kondisi yang terlalu kering
4. Asam salisiat untuk membunuh fungi
5. Garam seng untuk membuatnya kaku

1 comments:

Post a Comment